Minggu, 23 Mei 2010

Turunkan Kadar Gula Darah Dengan Jus

Buah dan sayuran segar memiliki kandungan zat gizi yang banyak seperti vitamin dan mineral. Itu salah satu informasi umum yang sering kita jumpai sehari hari.

Vitamin A berfungsi mempertahankan kesehatan mata, struktur kulit, rambut, dan gigi. Pada pangan nabati vitamin A dapat diperoleh dari sayuran daun berwarna hijau gelap seperti bayam, daun katuk, dan buah atau sayuran berwarna kuning/oranye seperti wortel, kentang, tomat, labu kuning, pepaya, dan mangga.

Buah dan sayur yang kaya vitamin E mampu mencegah terjadinya penyakit jantung, kanker, stroke, dan infeksi virus. Vitamin E banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau (bayam) dan tomat.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, kesehatan gusi, dan mencegah terjadinya luka memar. Dalam buah-buahan vitamin C banyak terdapat pada jambu biji, jeruk, tomat, mangga dan sirsak.

Selain Vitamin dan Mineral, kandungan lain dalam buah dan sayuran tersebut yang juga bermanfaat bagi tubuh adalah serat dan phytokimia. phytokimia dapat menetralkan racun obat dan zat karsinogen dengan jalan menetralkan radikal bebas, menghambat enzim yang mengaktifkan karsinogen sekaligus merangsang enzim yang menetralkan zat karsinogen.

Buah-buah dan sayuran yang mengandung phytokimia di antaranya bayam, kangkung, brokoli, sawi, kacang-kacangan, tomat, pepaya, anggur, jeruk, dan wortel.

Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi segar. Sedangkan sayuran diolah dengan cara dimasak dengan sedikit air (ditumis) maupun berupa masakan berkuah misalnya sup. Cara lain yang banyak dilakukan yaitu dalam bentuk jus.

Mengkonsumsi jus lebih menguntungkan dibanding dengan menyantap buah potong. Dengan mengonsumsi jus, asupannya relatif bisa lebih banyak dengan demikian manfaatnya pun lebih besar.

Yang harus diperhatikan dalam membuat jus, sebaiknya dipilih buah segar, matang dan belum lama disimpan agar mendapatkan jus yang enak dan bermanfaat bagi tubuh. Jus sebaiknya diminum sesegera mungkin setelah jadi, sebelum kandungan vitamin larut airnya rusak oleh oksigen, cahaya ataupun panas. Sedangkan untuk pemanis, menggunakan madu akan lebih bermanfaat ketimbang memakai gula pasir.

Pembuatan Jus dapat juga dengan mengkombinasikan bermacam buah atau sayur. Misalnya Kombinasi Jus Wortel dan Seledri. Kombinasi ini baik untuk menurunkan Tekanan darah, dan kadar gula darah.

Untuk membuat Jus kombinasi kali ini, bahannya adalah 300 gram wortel, dan 1 genggam daun seledri (± 3 sendok makan), tambahkan 2 siung bawang putih, setengah sendok teh garam, setengah sendok teh merica bubuk. Campurkan semua ke dalam juicer. Diambil sarinya saja tanpa serat dengan menggunakan saringan. Untuk keperluan pengobatan, Jus Kombinasi ini diminum 1 kali sehari sampai gejala penyakit hilang.

resep jus yang lain, menyusul yah.. ;)

salam sehat


source: kesehatan.kompasiana.com/

Belum ada komentar

Posting Komentar

Copyright © 2008-2010 de-kill.blogspot.com | Astaga.com lifestyle on the net